DISCLAIMER

Bekerja pada bagian dalam pesawat televisi dengan CRT, monitor komputer, atau barang sejenisnya dapat membahayakan nyawa karena terhubung ke sumber listrik dan catu daya tegangan tinggi, serta meledaknya CRT itu sendiri. Baca dan ikutilah seluruh panduan keselamatan dalam sesi Panduan keamanan untuk pekerjaan yang meliputi Listrik Tegangan Tinggi dan atau Peralatan yang terhubung dengan Sumber Listrik. Jika sobat nggak pede dengan kemampuan dan pengalaman sobat, mending serahkan perbaikan dan penyetelan internal kepada teknisi professional. Kami tidak akan bertanggungjawab atas segala kerusakan pada peralatan, barang, atau cidera atau bahkan yang lebih buruk akibat dari penggunaan materi ini

.

Senin, 04 Mei 2009

Keamanan


TV dan monitor komputer atau video adalah beberapa diantara barang elektronik yang berbahaya ketika masuk dalam wilayah reparasi. (Yang paling berbahaya mungkin adalah oven microwave mengingat tegangan dan dayanya yang tinggi.)
Ada dua area yang paling rentan dengan bahaya listrik yaitu jalur catudaya yang tak terisolasi dan tegangan tinggi CRT.

Hampir semua TV modern dan banyak monitor komputer dihubungkan langsung dengan jalur listrik AC, tidak ada trafo power sebagai tanda untuk keamanan dan untuk memperkecil resiko kerusakan peralatan. Di dalam desain kebanyakan, bagian TV atau monitor yang "live" biasanya dibatasi pada input AC dan filternya, rangkaian degauss, rectifier (perata) jembatan dan kapasitor filter utama, tegangan rendah B+, regulator (kalau ada), HOT (horizontal Output Transistor), bagian primer dari trafo flyback dan bagian dari rangkaian sartup dan standby dari catudaya. Flyback membangkitkan kebanyakan tegangan lin yang digunakan di dalam unit dan menyediakan batasan isolasi sehingga rangkaian sinyal tidak tehubung dengan line AC jadi lebih aman.

Tetapi perlu dicatat, ada beberapa TV dimana seluruh chasisnya "live" (nyetrum)!! Cara memastikannya adalah gunakan Ohm meter. Dalam keadaan off Cek koneksitas antara kaki keluaran negatif dari bridge rectifier atau kaki negatif kapasitor utama (pastikan kapasitornya sudah kosong (lihat postingan tentang Membuang muatan kapasitor)) dengan kotak logam pembungkus tuner. Dalam skala ohm X 1, jika itu terhubung maka dapat dipastikan seluruh chasis nyetrum kalau TV lagi on.
egangan tinggi ke CRT, sekitar 200 kali lebih besar dari tegangan input tidak begitu berbahaya untuk beberapa alasan. Pertama, ini dikemas dalam area yang amat tebatas di dalam TV atau monitor yaitu dari output trafo flyback ke CRT melalui kabel HV besar dan mangkok konektor. Kalau anda tidak perlu memindahkan mainboard, mengganti trafo flyback atau CRT biarkan saja mangkok konektor CRT nyantol seperti itu dan dia tidak akan menggigit. Lebih lebih kejutan listrik dari HV akan sangat menyakitkan karena kapasitansi dari bungkus CRT.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cable Guy © 2009 Wira

Template © 2008 Cebong Ipiet