DISCLAIMER

Bekerja pada bagian dalam pesawat televisi dengan CRT, monitor komputer, atau barang sejenisnya dapat membahayakan nyawa karena terhubung ke sumber listrik dan catu daya tegangan tinggi, serta meledaknya CRT itu sendiri. Baca dan ikutilah seluruh panduan keselamatan dalam sesi Panduan keamanan untuk pekerjaan yang meliputi Listrik Tegangan Tinggi dan atau Peralatan yang terhubung dengan Sumber Listrik. Jika sobat nggak pede dengan kemampuan dan pengalaman sobat, mending serahkan perbaikan dan penyetelan internal kepada teknisi professional. Kami tidak akan bertanggungjawab atas segala kerusakan pada peralatan, barang, atau cidera atau bahkan yang lebih buruk akibat dari penggunaan materi ini

.

Senin, 04 Mei 2009

Peringatan tentang mencabut PCB dari leher CRT.


Beberapa pabrikan memperingatkan dalam hal menghidupkan TV atau monitor CRT tanpa PCB leher CRT yang terhubung. Rupanya, tanpa sesuatu atau apapun untuk menyalurkan hasil dari aliran arus sehubungan dengan sisa gas ion di dalam CRT, jalan terpendek adalah arus balik melalui pin pin di leher CRT. Sebenarnya tidak banyak terdapat ion di dalam CRT modern tetapisaya memperkirakan ada sedikit di sana sini dan akhirnya terkumpul sampai cukup untuk menyebabkan petaka setidaknya pada beberapa CRT.

Mungkin ini bukan masalah bagi CRT ukuran kecil tapi bagi yang berukuran besar dengan tegangan yang sangat sangat tinggi dan sudut defleksi yang tinggi di mana kaca dari leher sangat tipis bagi sensitifitas defleksi maksimum, ada potensi lompatan bunga api melalui kaca ke yoke terjadi, akhirnya merusak CRT.

Ini bukan caranya untuk mengetahui model yang mana akan menghancurkan diri tetapi sangat mungkin untuk mencegah petaka ini dengan membuat jalur balik sementara ke ground CRT (BUKAN GROUND DARI SINYAL!!) melalui focus atau pin G2 lebih bagus lagi melalui resistor bernilai tinggi dengan rata rata tegangan yang tinggi hanya kalau kalau salah satu dari pin G2 short.

Ini terdapat pada kebanyakan TV pirsa langsung yang berukuran besar karena menggunakan CRT sudut defleksi tinggi tetapi tidak ada salahnya juga kalau memberlakukan hal yang sama pada monitor komputer atau monitor video.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cable Guy © 2009 Wira

Template © 2008 Cebong Ipiet