DISCLAIMER

Bekerja pada bagian dalam pesawat televisi dengan CRT, monitor komputer, atau barang sejenisnya dapat membahayakan nyawa karena terhubung ke sumber listrik dan catu daya tegangan tinggi, serta meledaknya CRT itu sendiri. Baca dan ikutilah seluruh panduan keselamatan dalam sesi Panduan keamanan untuk pekerjaan yang meliputi Listrik Tegangan Tinggi dan atau Peralatan yang terhubung dengan Sumber Listrik. Jika sobat nggak pede dengan kemampuan dan pengalaman sobat, mending serahkan perbaikan dan penyetelan internal kepada teknisi professional. Kami tidak akan bertanggungjawab atas segala kerusakan pada peralatan, barang, atau cidera atau bahkan yang lebih buruk akibat dari penggunaan materi ini

.

Senin, 04 Mei 2009

Tips Penanganan Kerusakan.


Banyak masalah terpecahkan dengan solusi sederhana. Jangan serta merta mengasumsikan bahwa masalah yg anda hadapi adalah sesuatu masalah yang teramat rumit. Untuk sebuah TV, mungkin saja hanya masalah koneksi yang buruk atau sekring yang putus. Ingat bahwa masalah dengan dampak yang buruk seperti TV mati biasanya terselesaikan dengan solusi yang paling sederhana. Jenis masalah yang ingin kita cegah adalah biaya pada TV yang rusak sebentar sebentar (kumat kumatan) atau yang sulit di tanggulangi: misalnya, gangguan yang sesekali atau TV yang menolak memutar "Harry Potter".

Kalau anda stak, tidur saja. Kadang kala, dengan membiarkan saja masalah mental sana sini di dalam kepala akan mengantarkan pada solusi. Jangan memaksa bekerja ketika benar benar letih sama bahayanya (khususnya respek terhadap TV karena mungkin kesal dan putus asa lalu TV di tendang) dan kebanyakan tidak produktif atau malahan destruktif.

Kapanpun bekerja pada equipment yang menuntut kecermatan, buatlah catatan yang banyak dan diagram karena akan sangat berguna ketika giliran merakitnya kembali.
Kebanyakan konektor tanpa sengaja dicolok ke colokan yang salah atau tertukar kabel, tapi tak selalu seperti itu. Atau, baut yang mirip mungkin beda panjang atau sedikit beda ulirnya sering tertukar tempat. Bagian bagian kecil munkin cocok pada lebih dari satu tempat atau arah. Dan lain lain.

Botol pil, Kaleng bekas film, atau tray plastik cetakan es di kulkas jadi wadah yang keren untuk memilah dan menyimpan skrup atau part yang kecil kecil setelah pembongkaran. Ini amat sangat membantu jika anda memperbaiki banyak jenis barang pada saat yang sama.

Pilih tempat kerja yang agak terbuka lebar, terang, sehingga barang yang terjatuh dapat ditemukan dengan mudah. Lokasi terbaik juga mestinya bebas dari debu dan memungkinkan anda menunda perbaikan anda untuk makan atau tidur atau berpikir tanpa harus menumpuk semuanya ke dalam kardus bekas untuk menyimpannya.

Pertimbangan lainnya adalah ESD (Electro Static Discharge) yaitu membuang tegangan elektro statis. beberapa IC pada TV sangat peka terhadap ESD. Tidak perlu jauh jauh, cukup dengan membiasakan diri menyentuh/memegang titik ground yang "aman" terlebih dahulu.

WARNING:sekalipun dengan trafo isolasi, "live chasis" tidak boleh dianggap sebagai titik ground yang aman. Ketika colokan pesawat sudah di cabut, kotak logam pelinding tuner atau titik ground sinyal lainnya aman dan efektif.

Seperangkat peralatan dasar demi keseksamaan akan sangat diperlukan untuk membongkar sebuah TV dan melakukan penyetelan. Peralatan ini tidak begitu mahal tetapi yang berkualitas rendah pastinya lebih buruk dari percuma malah justru bisa menyebabkan kerusakan. Alat yang diperlukan antara lain obeng mata plus dan minus, tang potong, tang lancip, kikir ujung lancip, obeng ujung ujung ulir, jarum penitik. Untuk penyetelan obeng kecil non metal berujung kecil untuk mencegah korsleting dan ini juga sangat berguna untuk melakukan penyetelan pada kumparan dan trafo RF.

Solder berujung halus dengan daya rendah (25W), dissoldering pump untuk melepas komponen yang disolder. Solder yang agak besar untuk area atau komponen yang lebih besar. Dan yang pasti anda juga perlu timah solder.

PERHATIAN: Anda bisa dengan mudah merubah perbaikan yang sederhana (mis. solderan yang buruk) menjadi rumit dan mahal kalau anda menggunakan alat solder yang tidak tepat dan atau anda kurang terampil menyolder.
Jika ragu, minta orang lain untuk menyolder atau paling tidak lakukan latihan, latihan, dan latihan menyolder dan membongkar solderan pada PCB bekas dulu.

Untuk masalah suhu, spray dingin atau circuit chiller dan heat blower akan juga diperlukan untuk mengidentifikasi komponen yang dicurigai ada penyimpangan dengan temperatur.

2 komentar:

AGUS mengatakan...

Salam kenal sebelumnya.
Saya angat berterimakasih atas materi yang disampaikan dalam blog ini, sangat bermanfaat. Saya dulu juga pernah belajar/kursus elektronika tapi baru pada tahap radio & tape, TV belum, dan dah lama pasif karena kesibukan lain serta kerjanya sekarang tidak nyambung dengan elektro.
Kebetulan saya sekarang sedang ada masalah dengan monitor punya saya dan teman. yang satu warnanya cenderung kuning, dan yang satunya lagi gambarnya ngumpul horisontal sekitar 1cm kadang di tengah, kadang di atas, (tidak bergerak turun naik). Mohon bantuanya gemana servisnya, sukur2 dengan screenshootnya. Penasaran pengen belajar lagi.
Terimakasih sebelumnya.
Boleh juga balas ke 9035ah@gmail.com
"ILMU SEMAKIN DIBAGIKAN, SEMAKIN BERTAMBAH"

LOVELYZ TRILOGY on Selasa, September 04, 2018 3:15:00 PM mengatakan...

Makasih min sudah share, ilmunya beemanfaat
https://cody.id/produk/power-supply/power-supply-cody-3005dt/



CODY***GARANSI SELAMANYA***
**HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH**
**JASA SERVIS YG PASTI LEBIH CEPAT**

Posting Komentar

 

My Blog List

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cable Guy © 2009 Wira

Template © 2008 Cebong Ipiet