DISCLAIMER

Bekerja pada bagian dalam pesawat televisi dengan CRT, monitor komputer, atau barang sejenisnya dapat membahayakan nyawa karena terhubung ke sumber listrik dan catu daya tegangan tinggi, serta meledaknya CRT itu sendiri. Baca dan ikutilah seluruh panduan keselamatan dalam sesi Panduan keamanan untuk pekerjaan yang meliputi Listrik Tegangan Tinggi dan atau Peralatan yang terhubung dengan Sumber Listrik. Jika sobat nggak pede dengan kemampuan dan pengalaman sobat, mending serahkan perbaikan dan penyetelan internal kepada teknisi professional. Kami tidak akan bertanggungjawab atas segala kerusakan pada peralatan, barang, atau cidera atau bahkan yang lebih buruk akibat dari penggunaan materi ini

.

Kamis, 30 April 2009

Degaussing (Demagnetisasi) CRT


Degaussing dibutuhkan jika ada masalah dengan kemurnian (puritas) warna dalam tampilan. Dalam situasi yang jarang, mungkin juga disebabkan karena gangguan geometris yang disebabkan oleh medan magnet bumi.
CRT dapat termagnetisir:


  • Jika TV dipindahkan,

  • Jika ada sambaran petir yang cukup dekat,

  • Jika magnet permanen dibawa ke dekat pesawat TV (mis, mainan anak anak yg ada magnetnya, magnet dari speaker),

  • Jika beberapa bagian dari peralatan eketronik atau listrik tanpa peredam medan magnet ada di sekitar pesawat TV.


Degaussing adalah hal pertama yang mesti dilakukan kapanpun masalah puritas warna terdeteksi.Sebagaimana dicatat di bawah, pertama cbalah rangkaian degauss internal dengan siklus power beberapa kali (on satu menit, lalu off setidaknya 20 menit, begitu berulang-ulang). Jika ini tidak membantu atau tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah, cobalah degaussing secara manual.


Kumparan degauss


Catatan: Beberapa monitor memiliki tombol degauss, dan beberapa moitor atau TV memiliki degaus otomatis pada saat power-on (mungkin perlu mencabut colokan listrik untuk hard reset) tanpa menghiraukan jumlah waktu off. Bagaimanapun, penggunaan berulang ulang proses ini demi sukses yang cepat mungkin akan berakibat panas berlebih pada kumparan degauss atau komponen lainnya. Prosedur 20 menit off/1 menit on dijamin pasti aman. (Beberapa mungkin akan men-degauss pada saat power on sepanjang degauss sebelumnya tidak berhasil dengan prakiraan waktu tertentu).


CRT degausser komersil ada juga sudah tersedia di pasaran. Berisi ratusan gulung kawat magnet dalam kumparan 6 - 12 inci. Tinggal colok ke tembok, aktifkan saklarnya lalu dekatkan beberapa inci ke depan layar. Lalu tarik perlahan pusat kumparan kearah salah satu ujung layar lalu susuri pinggiran layar. kemudian kembali keposisi awal kumparan sejajar dengan pusat layar. Beruktnya, perlahan jauhkan medan magnet ke nol dengan berjalan menjauhi layar. Ketika anda sudah berada lebih jauh dari 2 meter lepaskan saklarnya.


Degausser komersil

Kata kuncinya di sini adalah "perlahan", Melakukanya terlau cepat maka anda akan menghentikan seketika intesitas dari 50/60 Hz variasi medan magnet AC ke dalam komponen fero pada CRT dan mungkin akan memperburuk masalah.


PERHATIAN: Jangan pernah coba coba untuk degaussing dari bagian belakang CRT dekat neck, karena tindakan ini dapat menghilangkan magnet pada magnet puritas dan konvergen yang relatif lemah yang dapat mengakibatkan perbaikan kecil menjadi amburadul dan berkepanjangan!


Kayaknya keren melakukan ini pada saat CRT dalam keadaan on. Anak anak pasti suka melihat efek warna yang ditimbulkannya (tetapi kunci rapat rapat kumparan degauss anda sehingga mereka yidak bisa mencobanya pada setiap TV atau monitor di rumah.

Kalau anda tidak punya degausser, saya pernah mencoba degaussing dengan magnet permanen kecil tapi ini tidak direkomendasikan karena akan lebih banyak memperburuk keadaan ketimbang memperbaikinya. Coba cek situs Mirrors.arcadecontrols.com. Mungkin anda bisa mencoba membuat degausser sendiri. Lakukanlah degaussing diruang yang bebas medan magnet.


Semua CRT warna sudah dilengkapi dengan kumparan degauss yang dibungkus disekeliling pinggiran CRT. Ini diaktifkan setiap kali CRT dihidupkan dan didinginkan oleh termistor 3 terminal atau rangkaian kontrol lainnya. Inilah mengapa sering disarankan bahwa masalah puritas warna akan mungkin sembuh sendiri dalam beberapa hari. Bukan masalah waktu sebenarnya tetapi masalah jumlah tegangan dingin yang menyebabkannya. Perlu waktu kira kira 15 menit dari power off dari setiap siklus pendinginan.

8 komentar:

Listiono R. on Senin, November 23, 2009 3:41:00 AM mengatakan...

Kayaknya sy gak salah masuk blog. Infonya jelas & konplit. Thanx.

andri on Selasa, Januari 15, 2013 6:08:00 PM mengatakan...

Gan klo boleh nanya degausing sekarang brapa ia??

Unknown on Rabu, Juli 01, 2015 2:21:00 AM mengatakan...

makasih atas infonya, somoga berman,faat

Unknown on Jumat, November 20, 2015 7:14:00 PM mengatakan...

Saya sangat membutuhkan alat digausing yang jual monggo hubungi saya

Tukang servis elektronik on Jumat, Juli 13, 2018 8:34:00 AM mengatakan...

Bang tvku sharp 15" terbakar spul degauss nya, berapa nilai ohm nya untuk 14/15 "?

Unknown on Selasa, Januari 15, 2019 11:59:00 AM mengatakan...

gan saya kedatangan tv goldstar 21" jadul mati standby setelah saya bongkar ternyata ga ada kumparan gaussingnya dan tegangan semua drop,apakah tv tersebut memang ga pake coil gaussing,atau memang masalahnya dari kumaparan tersebut,mohon bantuannya ga,terimakasih

Paipai on Rabu, Mei 29, 2019 11:26:00 AM mengatakan...

mantab kali gan
Power supply hp

A muh Raka on Sabtu, Februari 01, 2020 11:10:00 PM mengatakan...

Trim sangat membantu

Posting Komentar

 

My Blog List

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cable Guy © 2009 Wira

Template © 2008 Cebong Ipiet